Tugas Komper #1

Masukkan link berikut analisisnya di kanal ini. Terima kasih.

Advertisements

13 thoughts on “Tugas Komper #1

  1. AJENG TRIJAYANTI (7020114001)

    *IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DARI GUDANG GARAM.
    “JEMBATAN MASA DEPAN”
    (Dibuat dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.)

    video : https://www.youtube.com/watch?v=QIKfd8ujeKU

    – ANALISIS DAN PENDAPAT

    Iklan Pendidikan memperhatikan beberapa aspek, diantaranya penggunaan diksi dan teknik persuasi. Iklan ini terinspirasi dari kisah nyata di daerah pelosok sana. Iklan ini dibuat dengan tema “Sebuah Perjuangan Menggapai Cita-Cita”.
    Bagaimana perjuangan anak-anak Sekolah Dasar (SD) untuk tepat waktu sampai disekolah, dengan mengarungi berbagai rintangan, seperti melewati hutan, melewati sungai dengan arus yang deras tanpa ada jembatan penghubung. Dalam hal ini, fungsi diksi ialah sebagai sarana mengaktifkan kegiatan berbahasa (komunikasi) yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan maksud serta gagasannya kepada orang lain. Contoh kalimat- kalimat yang diucapkan oleh salah satu anak yang berjuang untuk sekolah, yaitu :
    – “Kata bapak kalo aku mau jadi orang pintar, harus bisa berenang, soalnya kalo ga bisa berenang, aku ga bisa sampai disekolah. Tapi walau bagaimanapun aku harus sampai disekolah terus belajar sama bu guru, dan teman-teman”
    • Hal ini maksudnya adalah, memberi mereka semangat dengan keharusan bisa berenang demi sampai sekolah. Padahal nyatanya, tidak ada alternatif lain selain berenang menyebrangi sungai untuk sampai ke sekolah.
    – “Bu guru bilang, sekolah itu jembatan masa depan, coba ke sekolah ada jembatan juga, aku bisa sampai masa depan lebih cepat nih.”
    • Sekolah adalah sebuah awal untuk mencapai masa depan yang lebih baik

    Sedangkan persuasi merupakan salah satu teknik mempengaruhi orang dengan menggunakan cara tertentu baik melalui ucapan maupun tulisan. Yang pada akhirnya dapat mengubah sikap dan perilaku orang tersebut. Dan biasanya penyampaian kata-katanya dituangkan dalam bahasa tulis yang singkat, dapat dimengerti maknanya dan menarik perhatian. Contoh kalimatnya :
    – “coba ke sekolah ada jembatan juga, aku bisa sampai masa depan lebih cepat nih.”
    • Kalimat ini merupakan kalimat pokok yang dituju. Bisa untuk membujuk pemerintah maupun menyindir pemerintah yang belum memperhatikan sarana prasarana bagi pelajar di daerah pelosok. Andai ada jembatan atau saranan yang lebih mudah. Mereka akan bisa sampai ke sekolah dengan aman dan tepat waktu.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
    1. Dalam iklan pendidikan ini, menggunakan peran langsung masyarakat
    (anak-anak) dalam pembuatannya, dan diambil dari kisah nyata.
    2. Iklan ini dibuat dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, dan diperuntukan bagi pemerintah yang masih kurang memperhatikan pelajar yang ada di daerah pelosok.
    Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa iklan pendidikan ini bertujuan mempermudah masyarakat memahami maksud dari iklan pendidikan tersebut. Iklan pendidikan pada umumnya bersifat informatif dengan memanfaatkan teknik-teknik persuasif. Teknik-teknik persuasif dalam iklan pendidikan digunakan untuk menarik perhatian lebih dari masyarakat yang melihatnya.

     OPINI (PENDAPAT)
    Iklan ini sangat menginspirasi kita semua untuk terus berjuang dan tidak pantang menyerah dengan berbagai rintangan. Selain itu, untuk pemerintah diharapkan dengan adanya iklan ini bisa lebih memperhatikan pelajar yang ada dipelosok-pelosok daerah yang butuh perhatian pemerintah. Karena pelajar yang berada dipelosok adalah penerus Bangsa Indonesia juga dan patut di apresiasi perjuangan mereka dengan memberikan santunan beasiswa maupun tambahan sarana dan prasarana, juga perbaikan jalan dan pembuatan akomodasi menuju sekolah mereka. Bukan hanya sekolah yang ada di Kota saja yang diperhatikan Tapi Sekolah yang ada dipelosok pun mempunyai kedudukan yang sama.

  2. Nama : Sastra Cahya Nugraha
    Nim : 7020114021

    IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
    (WASPADA DALAM BERKENDARA MOTOR)

    Coment : Jadi seperti yang kita tahu bahwa semakin tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas, terutama sepeda motor, menandakan masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap keselamatan di jalan raya. Bahkan, beberapa kasus kecelakaan justru diakibatkan oleh ulah pengendaranya sendiri, yang cenderung mengabaikan situasi dan kondisi.

    Contohnya kecelakaan akibat kesalahan manusia sudah cukup banyak, salah satunya seperti video di atas akibat gagal fokus karena si pengendara motor tidak konsentrasi dalam mengendarai motornya, dia melihat seorang perempuan di pingir jalan seakan dia tidak sadar di depan dia ada seorang anak kecil yang sedang melintas, lalu dia pun menabrak anak kecil itu, karena pandangan dia teralihkan oleh perempuan yg berada di pinggir jalan . Hal ini bisa terjadi akibat pikiran yang terganggu, salah satunya akibat tidak fokus nya seseorang dalam berkendara .
    contoh : ketika seorang pengendara tidak fokus akibat melihat sosok perempuan di pingir jalan, lalu tak sadar akan adanya orang melintas di depannya. seperti contoh video di atas.

    PESAN : Berkendara sepeda motor itu full time job, alias pekerjaan penuh waktu yang tidak bisa diseling dengan melakukan kegiatan lain. Pikiran yang jernih dan sikap yang tenang juga wajib dimiliki setiap pengendara motor. Ingat, ganguan bukan hanya datang dari faktor ekternal atau lingkungan sekitar saja, tapi juga dari internal yakni dari diri sendiri dan kendaraan.
    TERIMAKASI ……. . . . . . . . . . . . . . . …..!!!!!!

  3. Nama : Moch. Syahrul Maulana
    NIM : 7020114017

    Iklan Layanan Masyarakat ( Pendidikan )

    pendidikan merupakan hal yang penting bagi kita semua, dan pendidikan pula merupakan hak yang wajib di miliki oleh setiap masyarakat sesuai dengan UUD 1945 pasal 31 ayat 1. tapi, dalam kenyataan sekarang masyarakat masih banyak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak. orang dewasa banyak yang tidak bisa baca bahkan anak-anak banyak yeng terlantar dan memilih untuk mencari nafkah dijalan dengan keadaan yang cukup memprihatinkan.

    di dalam video di atas menceritakan tentang keinginan seorang anak untuk berada di sekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak. agar anak itu bisa mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia. bukan malah berada di jalanan atau tempat yang kumuh. dengan situasi yang tidak seharusnya mereka rasakan pada usia mereka yang masih kecil.

    kita sebagai seseorang yang sedikit beruntung dari mereka seharusnya bisa merangkul mereka dan mengajak mereka untuk bisa berada dalam pendidikan yang layak. dengan itu tidak akan ada lagi anak-anak yang terlantar dijalan dan berkerja keras yang tidak sesuai dengan usianya. dan pendidikan di Indonesia pun akan meningkat dan mencetak penerus-penerus yang luar biasa.

  4. Nama : Muhamad Deri Rohim
    NIM : 7020114014

    Analsis Pesan Persuasif
    Color Your World With Kindness

    Pesan persuasif yang dapat saya lihat dari kampanye animasi ini sangat sederhana tanpa di isi percakapan. Suasana animasi dibuat hitam putih, disetiap adegan digambarkan dengan seseorang melakukan kebaikan, kebaikan disini adalah :

    Sikap saling berbagi terlihat dari seorang anak, membagi makanan dengan temannya. Lalu makanan berubah menjadi berwarna lalu suasana yang bernuansa hitam putih pun ikut berbuah menjadi berwarna.

    Sikap jujur ditunjukan oleh seorang anak yang tadi mendapatkan makanan dari temannya, saat dia menemukan uang terjatuh dari seorang bapak yang sedang terburu-buru, dia memanggil sibapak dan mengembalikan uang yang terjatuh tadi. Lalu suasana yang awal nya hitam putih kembali berwarna.

    Sikap saling menolong ditunjukan saat bapak yang tadi uang nya terjatuh, membantu seorang nenek yang kesusahan dalam menaikan barang nya kedalam bagasi dipesawat, si nenek yang kesusahan pun tertolong suasana yang sulit kembali berwarna.

    Sikap saling toleran dan memperhatikan sekitar pun ditunjukan oleh nenek tadi dengan menghibur anak yang menangis dan menggendong nya. Saat orang disekitar nya merasa terganggu tapi si nenek membuat suasana yang tidak nyaman tadi menjadi berwarna.

    Sikap-sikap yang di tunjukan dari setiap adegan dalam animasi ini, tentu menggambarkan dari judul kampanye animasi itu sendiri, yaitu “warnailah dunia dengan kebaikan”, selain itu pesan yang saya tangkap adalah ketika setiap orang dapat peduli dan mau saling bertoleransi, maka akan muncul kehidupan yang lebih damai dan rasa kasih sayang yang muncul secara berkesinambungan dari satu orang terhadap orang-orang disekitarnya akan membuat sikap toleransi akan tertanam dengan kuat.
    Ini bisa menjadi pembelajaran kepada kita sebagai orang yang hidup dengan keberagaman dan banyak perbedaan tentunya akan membuat bangsa kita lebih bersatu dan kebhinekaan di Indonesia akan terjaga.

  5. Nama: Gempita Cahaya Purnama
    NIM:7020114008

    Analisis : Dari beberapa penggambaran diatas, derdapat sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat yaitu masyarakat kini sudah memiliki kebiasaan untuk berolahraga, namun pada kegiatan olah raga ini kita sering kali masih melupakan yang tidak kalah penting juga, yaitu menjaga lingkungan. Pemuda yang melakukan olahraga ini dapat mewakili orang-orang yang biasa melakukan kegiatan olah raga. Selanjutnya pemuda tersebut membuang botol minuman yang terbuat dari plastik, hal itulah yang sering kali dilakukan masyarakat dalam melakukan kegiatan berolah raga, pada gambar itu juga ditampakkan ada beberapa botol plastik yang juga berserakan, yang menunjukan bahwa tidak hanya dia yang melakukan hal tersebut, melainkan ada beberapa orang yang juga melakukan hal yang sama.

    Figur yang kedua adalah pemuda yang sedang menyamtap makan siangnya. Pada kegiatan tersebut biasanya gambaran masyarakan akan figur tersebut adalah berpakaian santai tapi rapi.

    Pada penggambaran tersebut seorang pemuda menggambarkan sebuah kegiatan yang sering juga dilakukan yaitu makan siang diataman. Namun, pada kegiatan ini pemuda tersebut juga merugikan lingkungannya yaitu meninggalkan bekas kotak nasinya tanpa membuangnya ditempat sampah.

    Pada figur ketiga adalah pemuda yang sedang mengerjakan tugasnya. Penggambaran akan pemuda tersebut adalah menggunakan kaos dengan kemeja sebagai kombinasinya.

    Dari penggambaran diatas dapat diuraikan bahwa pemuda tersebut sedang mengerjakan tugas tapi selain mengerjakan tugas, pemuda tersebut juga telah merusak lingkungan dengan membuang sampah berupa kertas yang sering dianggap tidak begitu berpengaruh terhadap lingkungan.

    Dari idealisasi figur yang diuraikan iklan ditarik sebuah trend yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat kita. Trend tersebut adalah melakukan kegiatan ditaman. Dapat diketahui dari lokasi kegiatan-kegiatan diatas yang menggunakan latar belakang taman atau lahan terbuka hijau. Namun, dari trend tersbutlah yang menjadikan lingkungan sekitar ini menjadi rusak. Seperti halnya dengan kegiatan-kegiatan diatas yang pada akhirnya malah membuang sampah sembarangan dan mengakibatkan menumpuknya sampah dilahan terbuka tersebut menjadi kotor dan tidak nyaman untuk melakukan kegiatan yang seharusnya membuat kita sehat dan nyaman.

    Selain menghasilkan sebuah trend, uraian mengenai idealisasi figur tersebut juga mampu memberi gambaran gaya hidup masyarakat kita pada saat ini. Gaya hidup yang digambarkan dalam iklan tersebut adalah gaya hidup yang konsumtif tanpa memperhatikan produktifitas dan efek dari alam dan lingkungan itu sendiri.

    Pada Iklan Layanan Masyarakat ini ingin menyampaikan bahwa membuang sampah sembarangan akan berakibat buruk. Dan menyampaikan bahwa untuk menjaga kebersihan itu gampang hanya saja perlu adanya kesadaran dari individu tersebut. Karena kalau bukan manusia yang menjaga lingkungan lalu siapa lagi? karena manusia masih sangat bergantung kepada lingkungan. Untuk saya iklan ini cukup efektif apabila untuk remaja kekinian seperti saya dan tidak begitu efektif untuk kalangan kalangan tertentu.

  6. Tugas analisi iklan.
    Komunikasi persuasi
    Restu Purnama
    7020114026
    Sukabumi, 12 Maret 2017

    SELAMATKAN MEREKA, STOP BULLYNG

    Iklan layanan masyarakat “Selamatkan Mereka, Stop Bullyng” mengilustrasikan, seorang siswi yang sehari-harinya menunjukan perilaku yang melankolis, ia tak mampu blajar dengan fokus, nafsu makan terganggu dan dalam lingkungan sekolahnya selalu menyendiri. Siswi itu sering melamun dan selalu terbayang-bayang ejekan teman sesamanya yang di tujukan terhadapnya sampai terlintas dari benaknya untuk cepat mengakhiri ejekan tersebut dengan cara menusukkan benda tajam (gunting) ke tubuhnya. Dalam Iklan layanan masyarakat “Selamatkan Mereka, Stop Bullyng” mengajak kepada elemen lembaga pendidikan agar kita melindungi generasi muda yang sedang mencari ilmu di bangku sekolahnya agar mereka menjadi generasi yang mampu membanggakan.
    Siswa/i adalah mentari yang mengusir kegelapan malam, begitu kalimat yang menggambarkan sangat berharganya generasi muda terutama siswa/i . Karena mereka mampu melakukan perubahan untuk membawa bangsa-negaranya ke arah sejahtera dan adil dari pada generasi sebelumnya. Hal itu akan terjadi ketika mentari tersebut mampu bersinar dengan bebas untuk meruntuhkan raja kegelapan.
    Undang-undang Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002, Pasal 54 menyatakan anak di dalam dan lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temannya di dalam sekolah yang bersangkutan atau lemabag pendidikan lainnya.
    Dari segi penggambarannya sudah sesuai, tetapi ada sedikit yang mungkin kurang yaitu kurangya terperinci dalam menggambarkan untuk menyelematkan seseorang yang di buli meski ia sudah meninggal dunia.

    Dampak dari buli

    a. Belajar tidak fokus

    b. Sering menyendiri dalam ruangan

    c. Nafsu makan menjadi menurun

    d. Sering melamun

    e. Pada saat teman-temannya mem

    f. Akhirnyaa Melakukan bunuh diri

    Sumber :

  7. Nama : Muhammad Ramli
    NIM : 7020114027

    Banyak sekali kasus narkoba yang ada di indonesia, kaum remaja adalah yang paling dominan memakai narkoba. Iklan layanan masyarakat ini berbentuk audio visual yang dikemas dengan teknik pengambilan gambar Stop Motion. Cangkir yang kosong adalah objek utama yang ditunjukan, cangkir ini mewakili dan menggambarkan ekspresi manusia yang ada dibelakang cangkir tersebut. Pesan yang terkandung dalam iklan ini adalah berbijaklah dalam memilih, ketika seseorang sudah memilih narkoba maka ia sudah memilih menghancurkan hidupnya.
    menceritakan tentang seseorang yang depresi berat, hingga berani untuk merokok, meminum minuman keras dan memakai narkoba dengan akibat meninggal dunia yang diibaratkan cangkir yang pecah.
    Scene pertama memperlihatkan ekspresi wajah talent yang digambarkan di cangkir berwarna kuning, tiap shotnya memperlihatkan ekspresi wajah remaja tersebut, mulai dari sedih, bingung dan frustasi dan dengan background remaja itu sendiri yang sedang menunjukan gerakan tubuh dari ekspresi wajah tersebut. Cangkir kuning ini hanya mewakili ekspresi remaja lelaki, tetapi gerakan – gerakan tubuh tetap ditunjukan oleh remaja laki – laki yang berada dibelakang cangkir.
    Scene ke dua dan ketiga cangkir kuning mewakili ekspresi wajah remaja laki – laki. Dari segi cerita, scene pertama, saat remaja laki – laki itu frustasi, dia merokok. Scene kedua, karna masih frustasi dia meminum minuman keras, mabuk, dan muntah2. Scene ketiga setelah dia sadar dari mabuk, dia mengambil narkoba dan memakainya, hingga semakin lama hidupnya hancur hingga meninggal dunia yang digambarkan dengan retaknya cangkir kuning hingga pecah.
    Iklan layanan Masyarakat dapat mengkontruksi budaya konsumen yaitu suatu budaya yang terbentuk dari sebagai media kontruksi. Ada 3 unsur dalam budaya konsumen yaitu, idealisasi figur, trend dan gaya hidup. Idealisasi figur yaitu figur yang menjadi subjek dalam iklan . figur dalam iklan layanan masyarakat ini adalah remaja laki – laki. Remaja laki – laki dapat dijadikan figur dalam iklan layanan masyarakat ini karena remaja laki – laki yang paling dominan dalam mengkonsumsi narkoba.
    Selain remaja laki – laki, figur selanjutnya ialah cangkir, Cangkir ini digunakan sebagai media pengaplikasian ekspresi wajah remaja laki – laki yang ada dibelakangnya. tiap shotnya menggambarkan ekspresi wajah yang berbeda – beda. Cangkir sebagai pengganti ekspresi wajah remaja laki – laki tersebut. menggambarkan cangkir yang retak, semakin lama semakin retak hingga akhirnya pecah. Dari segi gestur tubuhnya, terlihat dia frustasi dan menjadi pemakai narkoba ditunjukan pada scene pertama gerakan – gerakan seseorang yang sedang bingung dan merokok, scene kedua gerakan hampir sama tetapi setelah itu dia mengambil minuman keras dan meminumnya, scene ketiga menyuntikan narkoba di tangannya sambil meminum minuman keras dan akhirnya gerak tubuh berhenti yang berarti kematian.
    Gaya hidup adalah suatu identitas, didalam iklan layanan masyarakat ini adalah gaya hidup seorang pemakai narkoba ditandai dengan gerakan – gerakan menyuntikan narkoba di tangan pada scene tiga. Gaya hidup ini termasuk gaya hidup yang buruk, hanya bisa membuat pemakai tersakiti hingga meninggal dunia. menunjukan gaya hidup pemakai narkoba agar penonton/konsumen mengerti ketika ia memilih gaya hidup seperti ini, maka kehidupannya akan berakhir seperti itu. Trend adalah sesuatu yang populer, dalam iklan layanan masyarakat ini menggambarkan ramaja laki – laki yang, merokok, mabuk, memakai narkoba hingga meninggal dunia. Dikatakan sebagai remaja karna dapat dilihat dari pakaian yang marak digunakan kalangan remaja laki – laki tapi menurut saya, Trend belum tentu menjadi gaya hidup, tetapi gaya hidup bisa menjadi trend.
    Jadi, narkoba dapat merusak masa depan kita, kehidupan kita, dapat merenggut nyawa kita. Jangan sia – siakan hidup kita dengan narkoba, jangan sampai narkoba hinggap dalam kehidupan kita, jangan sampai narkoba menghancurkan hidup kita. Bagi kalian yang pernah mencoba, jangan pernah kalian mencobanya lagi, bagi yang tidak pernah mencoba, jangan sekali – kali mencobanya, jauhi narkoba, say no to drag!!!

  8. Nama: M Arif Setiawan
    NIM: 7020114013
    link :https://www.youtube.com/watch?v=hiUrN5tmkJ4

    Dalam tayangan vidio tersebut seorang yang sedang makan dan menghamburkan makanan bahkan membuang makanan tersebut sedangkan sisi lain si miskin malah kelaparan. Pada jaman sekarang dinegara berkembang seperti Indonesia kesulitan pangan masih mejadi permasalahan yang belum bisa terpecahkan setiap 5 detik ada orang yang meninggal akibat kelapan dan kurangnya perhatian dari pemerintah.
    Seperti pada video di gambarkan ada seorang yang kelaparan tidak bisa mendapatkan makanan yang layak tidak seperti orang yang menghamburkan makanan sebelumnya maka dari itu kita sebagai pemuda bangsa dan agen perubahan harus dapat ikut membantu menanggulangi masalah khususnya masalah krisis pangan kita sebagai pemuda penerus bangsa harus memulai merubah kebiasaan seperti makan secukupnya tidak membeli makanan berlebihan dan mulai bisa berbagi makanan dengan orang yang masih kekurangan.
    Pesan persuasif yang ingin ditunjukan oleh video ini adalah kita harus memulai kebiasaan yang baik seperti beragi dengan orang yang membutuhkan seperti yang dikatakan dlam tayangan video “sudahkah anda melakukan hal baikan hari ini?” maka dari itu kita haru memulai hal baik meskipun itu mulai dari hal yang kecil.

  9. Nama : Lely Widya Rahmawati
    NIM : 7020114010

    Iklan Singkat #suaratanparokok30

    Iklan yang sangat singkat yang hanya memakan waktu 30 detik ini, memiliki pesan yang sangat jelas dan langsung, tidak berputar-putar dan dapat ditangkap dengan mudah oleh khalayak umum.
    Dampak apa saja yang diakibatkan pada saat kita merokok diperlihatkan sangat jelas, berbagai penyakit siap dan dapat menyerang seorang pecandu rokok sewaktu-waktu, akan tetapi iklan yang sangat singkat ini memuat banyak pesan yang tersimpan secara singkat dan padat.
    Pesan persuasif pun akan terasa dan tersampaikan dengan baik apabila kita lihat dengan jelas beberapa adegan dalam iklan diperlihatkan para pecandu rokok yang telah menderita akibat dari kebiasaan nya merokok, dari kehilangan suara sampai kehilangan anggota tubuh. maka dari itu saa memiliki anggapan apabila kita ingin menyampaikan suatu pesan secara cepat dan efektif, yaitu dengan memuat pesan dalam sebuah iklan itu tidak berbelit-belit dan dapat memberikan informasi selengkap mungkin dan secara persuasi dapat merubah kebiasaan seseorang dari kebiasaan yang tidak sehat, untuk hidup lebih sehat.

  10. iklan layanan masyarakat tentang penting nya memberikan ASi pada bayi

    Nama : Martina martatilopa
    NIM : 702011114012
    Air susu ibu
    Air susu ibu (disingkat ASI) adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.
    Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.
    Bila ibu tidak dapat menyusui anaknya, harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus. Susu sapi tidak cocok untuk bayi sebelum berusia 1 tahun.
    Dashyatnya Manfaat Air Susu Ibu (ASI) kl
    Manusia minum air susu manusia, sapi minum air susu sapi, ini merupakan prinsip yang tak dapat diubah. Namun entah mulai kapan di bawah dorongan propaganda beraneka rupa iklan susu bubuk, membuat masyarakat pada umumnya mempunyai pemikiran yang salah, yakni susu sapi adalah yang terbaik, baru kemudian air susu ibu (ASI). Namun pada kenyataannya, coba kita pikirkan, tiap pabrik susu bubuk dengan segala upaya memperbaiki susunan gizi dalam susu bubuk, tujuannya adalah supaya kualitas susu bubuknya sebisa mungkin mirip dengan kualitas ASI. Maka jelas ASI adalah pilihan paling tepat bagi bayi anda.
    1. Bayi cerdas sehat dan memiliki EQ yang baik
    Jika tidak ada suatu masalah khusus, ASI semakin di minum akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir kekurangan. ASI selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna. ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bayi yang minum ASI dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis. ASI juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. ASI tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi. ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain.

    2. Ibu sehat cantik dan ceria
    Ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil. Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.
    3. Meringankan beban pengeluaran keluarga
    ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu, tidak perlu beli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.
    4. Menyayangi bumi, menyukseskan perlindungan alam
    ASI bersuhu alami segar bebas bakteri, maka tak perlu dipanaskan dan disteril, bisa mengurangi pemborosan bahan bakar, lagi pula untuk memenuhi kebutuhan susu bubuk yang berlebihan, dunia kita membutuhkan berapa alam hijau, bahkan menebang pohon pelindung hutan, untuk memelihara sapi perah yang lebih banyak? Melepaskan susu bubuk dan menggunakan ASI, bisa menghemat berapa banyak sampah botol dan kaleng susu yang dibuang? Jika setiap wanita setelah melahirkan mau menyusui dengan ASI selama 1 tahun, tentunya akan menghemat berapa banyak pembalut wanita?

    Opini
    Pemberian ASI pada bayi memang sangat penting karena ASI merupakan makanan yangpaling baik untuk seorang bayi. Dengan diberinya Asi pada maka bayi akan sehat dan tidak akan rentan terkena penyakit seperti alergi, beda dengan susu formula yang kadang-kadang bisa membuat seorang bayi terkena alergi.jadi ikan ini sangat baik karena telah mengingatkan kepada kita agar selalu memberikan ASI pada bayi hingga usia dua tahun.

  11. Nama : Shelmi Rahmatillah
    NIM : 7020114023

    Iklan Layanan Masyarakat
    (Thai Life Insurance)
    “Superhero (I want tobe)

    Manusia terlahir dengan 2 kecerdasan yaitu: Kecerdasan Intelktual (Intelegensi) kecerdasan berdasarkan pemikiran yang ilmiah, logis, berdasarka teori. dan Kecerdadn Emosional (perasaan) yang berlandaskan kecerdasan moral,mempunyai empati, mengalahkan emosi dengan cara memotivasi diri.
    Analisis: dari tayangan video tersebut dapat kita lihat bagaimana seorang anak yang bernama “Purnchai” mempunyai kecerdasan emosional yang luar bisa yang ditunjukan dengan cara berbakti kepada ibunya.
    Ketika semua anak menggambarkan superhero yang mereka bayangkan, ia hanya ingin menjadi superhero “Garbage man” yang berarti “tukang sampah”. Cita-cita yang sederhana namun luar biasa.
    Bagi dirinya superhero bukanlah orang yang kuat, namun baginya superhero adalah ketika ia bisa pulang secepat mungkin untuk membantu pekerjaan ibunya yang hanya seorang tukang samapah, mengobati kaki ibunya yang luka akibat tertabrak mobil, menjaga ibunya dari bahaya, dan mengantar ibunya pulang dengan selmat.
    Sungguh anak yang luar biasa, ia mempunyai rasa empati yang tinggi, mampu mengelola emosinya sendiri saat teman sebayanya tengah asik bermain disekolah namun ia harus pulang cepat untuk membantu ibunya, dan memotivasi diri dengan cara menjaga ibunya dari bahaya sampai mengantar ibunya pulang dengan selamat.
    Jadi tidak perlu menunggu hebat untuk terlihat karena dengan berbuat sesuatu yang hebat kita akan terlihat, seperti halnya “Purnchai” yang terlihat hebat dan mendapatkan nilai sempurna dimata gurunya.

  12. Dany Ahmad Fauzi
    Progaram Studi Ilmu Komunikasi-6
    Tugas mata kuliah Komunikasi Persuasi

    Analisi Iklan Layanan Masyarakat Jaminan Kesehatan Nasioanl (JKN)
    Kesehatan merupakan kebutuhan umat manusia yang masih hidup, namun kesehatan itu sekarang ini sangatlah mahal, apalagi di latar belakangi keungan atauh kesejahteraan yang jauh dari katagori yang sudah di tentukan pemerintah.
    Pemerintah mencoba membantu orang-orang yang belum sejahtera untuk biaya berobat jika sakit dengan cara mengajak mereka yang mampu untuk ikut serta dalam iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mereka yang sakit dan kurang mampu dalam membiayai pengobatannya melalui pemerintah. Program tersebut di mulai dari 1 Januari 2014 yang lalu, dalam pengangotaannya di lakukan secara bertahap.
    Iklan layanan masyarakat ini dalam mensosialisasikannya adanya program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Di bintangi oleh Pevi dan istrinya, Nafsiah Mboi selaku Mentrian Kesehatan Republik Indonesia dan mereka yang berpenampilan seperti dokter dan suster agar dalam mensosialisasikannya di pandang kuat. Karena ada dari lapisan masyarakat, kementrian atau pemerintah dan mereka yang bekerja dalam bidang pelayanan kesehatan di Rumah sakit.
    Sumber :

  13. Nama : Muh Ilham Fajri
    NIM : 7020114015
    Sebelumnya saya kirim di comment Home/ beranda luar pada tanggal (Muh Ilham Fajri Nuraga , March 16, 2017 at 7:38 am)

    Analisa Iklan AQUA (Sky Diving) Sky Diving – Momen Gagal Fokus – SEKIP #AdaAQUA 2017

    Iklan dipublikasikan tanggal 4 Maret 2017

    1. Deskripsi Iklan Sky Diving – Momen Gagal Fokus – SEKIP #AdaAQUA
    Iklan ini berdurasi selama 30 detik, diperankan oleh artis yang pada saat itu akan melakukan diving, dan ketika dia sedang duduk menunggu giliran menaiki pesawat disebuah kantin ada yang menawari dia untuk meminum AQUA agar tidak terkena dehidrasi, namun dia menolak ajakan tersebut dan tidak meminum AQUA saat akan akan berangkat menuju ke sebuah Pesawat terbang, masalah pun terjadi saat ia beranggapan akan melakukan diving (SEA) yang ia temui adalah diving (SKY) yang dimana itu adalah terjun diatas ketinggian udara dan melompat dari sebuah pesawat yang saat itu sedang mengudara, kemudian ada seorang ketua diving sky menginstruksikan untuk bersiap – siap melompat dan terjun dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya, dengan perasaan takut dan gugup pria (dia) itu seketika SEKIP jika diartikan ke dalam bahasa indonesia yaitu (fokus hilang timbul) dan pada saat itu ketua diving sky bilang “tenang aja ..(dengan ekspresi comfort dan senang, tenang) “ dengan adanya paksaan mau tidak mau dia pun akhirnya terjun dengan ditemani ketua.
    Pada saat closing iklan ada pesan yang di sisipkan Aqua pada Audience yaitu “Dehidrasi ringan dapat menghilangkan konsentrasi dan fokus”.
    Berdasarkan strategi pesannya, pesan dalam iklan tersebut termasuk jenis pesan yang menyentuh emosi. Tujuan umum dari daya tarik emosional adalah menyampaikan pesan yang disukai orang untuk menciptakan rasa suka pada brand. Sedangkan berdasarkan formulanya, iklan tersebut menggunkana konsep juru bicara di mana pengiklan menggunakan selebritis, menciptakan karakter, ahli yang dihormati, atau orang-orang yang nasihatnya bermanfaat.

    2. Positioning Brand Aqua
    Brand Positioning adalah penetapan arti produk di dalam pikiran konsumen menurut ciri atau arti pentingnya berdasarkan perbandingan dengan produk pesaing. Dapat disimpulkan, kuat tidaknya positioning dapat diuukur saat apa yang ada di benak masyarakat ketika teringat akan produk tertentu. Hasil akhir dari positioning adalah keberhasilan menciptakan fokus di benak konsumen serta alasan yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk.
    Berdasarkan penjelasan di atas, menurut penulis, AQUA memiliki positioning yang kuat di benak masyarakat. Selain karena AQUA adalah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang telah berdiri di Indonesia sejak 1973, AQUA juga memiliki penjualan terbesar di Indonesia. AQUA merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia.
    Dalam kehidupan sehari-hari, AQUA telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Hal ini terlihat saat masyarakat membeli air minum kemasan dengan menyebut nama “AQUA”, padahal yang mereka beli adalah air minum kemasan merek lain. Selain itu, penulis pernah meminta beberapa orang teman untuk memikirkan merek apa yang terlintas dipikran mereka saat penulis menyebut “air mineral”. Mereka tanpa ragu langsung menyebut “AQUA”.
    Dari tampilannya pun AQUA cukup mudah menempatkan posisinya di benak masyarakat. Hal ini dilakukan AQUA lewat positioning melalui ciri produk. Di setiap iklan-iklannya, AQUA selalu menonjolkan warna biru yang khas, sebagai lambang air (hydro) dan kesejukan. Warna dapat menjadi petunjuk memori sehingga memudahkan masyarakat untuk mengingat sebuah produk.

    3. Atribut Produk yang diiklankan
    Menurut Tjiptono (1995:88) atribut produk adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk meliputi merek, kemasan, garansi, dan pelayanan.
    AQUA yang bernaung di bawah perusahaan Danone ini menawarkan produk berupa air minum dalam kemasan, mulai dari botol kaca seharga Rp75,- (1973), botol plastik (1979), cup (gelas) plastik, hingga gallon. Namun, dalam iklan tersebut bukan air kemasan ini yang ditonjolkan. Berhubungan dengan positioning yang telah dijelaskan sebelumnya, AQUA memiliki posisi yang kuat dibenak masyarakat sehingga perusahaan tidak perlu lagi terlalu intens memperkenalkan “air kemasan” mereka.
    Menurut penulis, yang lebih dominan diiklankan adalah program baru AQUA, yakni AQUA #adaAQUA. Menurut Brand Director Danone AQUA, Febby Intan, program #adaAQUA merupakan program AQUA yang bertujuan mengkampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat khususnya individu yang bergaya hidup aktif, dinamis, modern, dan mobile.
    Promosi AQUA #adaAQUA ini menonjol karena beberapa pemeran dalam iklan tersebut menekankan pada kata “#adaAQUA”.
    Dari program inilah tersirat tujuan perusahaan Danone AQUA. Secara tidak langsung, melalui program #adaAQUA ini perusahaan ingin mengkampanyekan kepada masyarakat bahwa AQUA memiliki program hidup sehat, agar tetap terfokus dan konsentrasi serta AQUA merupakan air kemasahan yang sehat, yang layak dikonsumsi untuk hidup yang lebih sehat.

    4. Tujuan yang hendak dicapai oleh Aqua
    Tujuan utama yang hendak dicapai berdasarkan iklan tersebut adalah mengenalkan program AQUA #adaAQUA sembari menciptakan image dalam benak masyarakat bahwa AQUA merupakan air kemasahan yang sehat. Hidup sehat merupakan masalah bagi kebanyakan masyarakat yang aktif. Jadi, dihadirkanlah program AQUA #adaAQUA, dan AQUA adalah jawaban dari program AQUA #adaAQUA yang notabenenya mengajak masyarakat untuk hidup sehat.
    Secara tersirat, bujukan iklan tersebut seperti ini: “Dehidrasi ringan dapat menghilangkan konsentrasi dan fokus Ayo, hidup sehat mulai dari sekarang, dan untuk hidup sehat, AQUA-lah jawabannya”. Begitu kira-kira analoginya agar masyarakat meminum AQUA, dan yang telah menimun semakin loyal. Jika hal tersebut telah tertanam di benak masyarakat, tentu penjualan AQUA pun semakin meningkat karena permintaan akan “air sehat” untuk “hidup sehat” pun semakin disadari oleh masyarakat.

    5. Target Audience Aqua
    Target audience berdasarkan iklan tersebut adalah masyarakat yang aktif, dan dinamis dengan Hobi yang yang beragam. Hal ini terlihat dari visual iklan yang menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai aktifitas secara cepat. Selain itu, pemeran dalam iklan tersebut juga mewakili target audience yang ingin “ditangkap” oleh AQUA. Iklan diperankan oleh public figure.
    Jika ditilik lebih jauh lagi, berdasarkan jenis kelamin dan umur, target audience dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa berumur 22 tahun ke atas. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang-orang yang mempunyai aktifitas yang memerlukan konsentrasi dan fokus. Begitu juga dari segi life style, target audience-nya yakni masyarakat metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi.

    6. Pasar yang hendak dicapai
    Analisa pasar terdiri dari: (a) bagaimana peluang pasar dan mengisi celah-celah dalam pesaingan (b) identifikasi pesaing; (c) berapa besar pangsa pasar masing-masing; dan (d) identifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing untuk menentukan strategi periklanan. Dalam beriklan, AQUA tidak terlalu intens mengenalkan produknya. Namun, iklan digunakan untuk mengingatkan masyarakat. Sehingga, dalam mengisi celah-celah persaingan, AQUA lebih menekankan sisi social dan emosional dalam beriklan.

    7. Media yang digunakan untuk beriklan
    Mesti AQUA memiliki pasar yang besar, perusahaan masih menggunakan semua media untuk iklan baik dari TV, radio, surat kabar, dan majalah, maupun media luar ruangan seperti billboard. Perusahaan selalu membawa logo dan slogan AQUA berwarna biru yang khas.
    Untuk televisi, AQUA menggunakan seluruh stasiun televisi swasta nasional untuk mengiklankan produknya. Terdapat beberapa faktor mengapa AQUA diiklankan di berbagai stasiun televisi dengan durasi yang cukup lama, salah satunya kerena faktor modal. Danone merupakan perusahaan besar sehingga memiliki modal besar pula untuk beriklan. Selain itu, televisi (nasional) merupakan media yang sangat ampuh mengiklankan AQUA karena jangkauan siaran yang luas, seluas AQUA memasarkan produknya.
    Biasanya iklan ini hadir di saat-saat masyarakat sedang menyantap sarapan pagi, makan siang, atau makan malam. Hal ini tentunya berhubungan karena saat makan orang-orang memerlukan air. Adanya iklan AQUA dapat membujuk masyarakat untuk mengkonsumsi AQUA. Selain itu, AQUA hadir saat-saat prime time. Ini bertujuan agar semakin banyak yang menyaksikan iklan tersebut.
    Untuk majalah, AQUA biasanya hadir di majalah ibu-ibu. Ibu merupakan salah satu target market AQUA kerana ibu lah biasanya orang yang mengurus pola konsumsi keluarga termasuk kebutuhan air minum. Dengan begitu, ibu-ibu yang sering membaca majalah ikut terpersuasi dengan iklan tersebut. Begitu juga pada billboard yang dipasang di tempat-tepat umum seperti persimpangan lampu merah. Salah satu tujuan iklannya adalah untuk mengingatkan masyarakat akan produk air minum kemasan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s