Teori Komunikasi [awal]

s123DIKEMUKAKAN oleh Littlejohn (1989) bahwa berdasarkan metode penjelasan serta cakupan mengenai objek pengamatannya, secara umum teori-teori komunikasi dapat dikelompokkan ke dalam 2 (dua) bagian besar, yakni 1) teori-teori Umum (general theories); dan 2) teori-teori kontekstual.

Modul lengkapnya unduh di sini

Advertisements

One thought on “Teori Komunikasi [awal]

  1. Nama : Reza Sendi H.
    NIM : 7020116019

    TEORI SISTEM A-B-X NEWCOMB

    Pendekatan Newcomb terhadap komunikasi bersifat psikologis,berkaitan dengan interaksi manusia yang cenderung kepada terbentuknya jaringan kelompok. Model dari Newcomb dapat membantu ahli komunikasi kelompok dalam menjelaskan dan memperkirakan tingkah laku kelompok yang beranggotakan 2 orang. Teori ini memusatkan perhatian pada pola hubungan yang ada diantara 2 individu dalam berinteraksi dan pada objek yang mempengaruhi interaksi di antara mereka. System A-B-X dari Newcomb memperluas teori hubungan antar pribadi dari heider sampai kepada interaksi yang terjadi diantara anggota dari kelompok yang hanya terdiri dari 2 orang. Model dari Newcomb melibatkan tiga unsur ,yaitu: A dan B,yang mewakili 2 orang individu yang berinteraksi :dan X sebagai objek pembicaraan menurut Newcomb, tingkah laku komunikasi terbuka antara A dan B dapat diterangkan melalui kebutuhan mereka untuk mencapai keseimbangan atau keadaan simetris antara satu sama lain dan juga terhadap X. Komunikasi terjadi karena A harus berorientasi terhadap B dan X, serta B harus beroriaentasi terhadap A dan X. Untuk mencari keadaan yang simetris, A berusaha untuk melengkapi dirinya dengan informasi tentang orientasi B terhadap X, dan ini dapat dilakukan melalui interaksi A mungkin terdorong untuk memengaruhi atau mengubah orientasi B terhadap X, jika A menemukan keadaan tidak seimbang diantara mereka . B dengan sendirinya juga akan memunyai dorongan yang sama terhadap orientasi A.Besarnya pengaruh yang akan ditanamkan oleh A dan B terhadap satu sama lain, serta kemungkinan usaha masing-masing dalam meningkatkan keadaan simetris melalui tindakan komunikasi akan meningkat pada saaat daya tarik (“L” dari Heider menunjukkan “daya tarik”), dan intensitas sikap terhadap X meningkat.

    ESENSI:

    Teori A-B-X juga dikenal sebagai teori keseimbangan.
    Menurut Newcomb, bentuk situasi komunikasi paling sederhana digambarkan oleh situasi dimana Mr. A berbicara dengan Mr. B tentang sesuatu hal yang dilabeli X.
    A = Source
    B = Receiver
    X = Object/konsep
    Model A-B-X terbagi menjadi 2 teori, yaitu:
    – simetri (balance)
    – asimetri (imbalance).
    Bisa digambarkan bila A dan B memiliki ketertarikan satu sama lain, dan begitu pula yang terjadi terhadap X maka sistem tersebut akan balance (simetri). Sebaliknya, bila A dan B saling menyukai namun mereka membenci X atau mereka saling membenci tapi memiliki pendapat yang sama mengenai X maka hal ini disebut Imbalance (asimetri).
    Teori ini mengemukakan bahwa komunikasi terjadi karena adanya kepentingan 2 individu atau kelompok untuk menyamakan dan atau membandingkan sikap, pendapat, dan kemampuan dengan individu lainnya melalui komunikasi yang bersifat persuasif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s