Ruang Lingkup Jurnalistik

untitled-1-copyMENGGAMBARKAN ruang lingkup terhadap suatu disiplin ilmu yang sedang berkembang bukanlah hal yang mudah.  Karenanya, hingga kini sebetulnya belum ada ruang lingkup jurnalistik yang dapat diterima oleh semua kalangan.  Kendati sudah memadai namun belum begitu terperinci, sehingga belum ada satu kesepakatan dan kesepahaman akan ruang lingkup jurnalistik yang ajeg. Namun demikian, ruang lingkup jurnalistik yang dikemukakan oleh M.O Palapah dan Syamsudin (1976) dalam bukunya ‘Studi Ilmu Komunikasi” sampai saat ini tetap menjadi rujukan atau literasi dari studi ilmu Komunikasi maupun kajian ilmu Jurnalistik. Dalam hal ini, keduanya membagi ruang lingkup jurnalistik ke dalam dua (2) bagian, yakni 1) News, dan 2) Views.

Artikel lengkapnya unduh di sini

Advertisements

2 thoughts on “Ruang Lingkup Jurnalistik

  1. Tugas Gustin

    Kategori straight news:
    1. AKIBAT MENYALIP, PELAJAR TEWAS TERLINDAS BUS.
    KECELAKAAN – Pelajar sekaligus pengendara sepeda motor tewas seketika setelah terlindas Bus Damri. Kejadian terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Senin (7/12/2015). (Narita)
    2. EVAKUASI TERHAMBAT MEDAN
    BANDUNG, KOMPAS – Evakuasi korban tanah longsor di Perkebunan Teh Dewata, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terhambat medan berat berupa jalan menanjak berliku-liku dan berbatu.

    Pukul 16.00, Rabu (24/2), evakuasi terpaksa dihentikan karena khawatir longsor susulan akan terjadi setelah hujan deras kembali mengguyur kawasan perkebunan tersebut.
    3. Presiden bertolak menuju Singapura

    Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Selasa, bertolak menuju Singapura untuk kunjungan kenegaraan hingga 4 September 2014.

    Presiden dan rombongan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 13.20 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan.
    4.Persoalan yang Tumbuh dalam Bus City Tour Jakarta

    Jakarta, 6 Maret 2014, Penumpang Bus Tingkat Pariwisata City Tour Jakarta mengeluhkan persoalan mengenai masalah keamanan di Bus City Tour Jakarta. Tidak hanya mengenai keamanan, kebersihan serta sistem informasi tempat-tempat bersejarah di Jakarta juga tidak lepas dari pembahasan.
    5. Kemacetan di Jakarta Semakin Parah!

    JAKARTA, KOMPAS.com – Kompleksnya permasalahan transportasi di Jakarta semakin membuat problem kemacetan berlarut-larut. Polda Metro Jaya mendata titik kemacetan di Ibu Kota saat ini mencapai 747 titik. Banyak penyebab kemacetan terjadi di seluruh titik itu.

    KATEGORI DEPTH REPORTING NEWS
    1. Judul : Api Telah ‘Merenovasi’ Tanah Abang
    Taiching (eye catching) : Bukan sekali ini pasar pakaian terbesar Asia Tenggara itu terbakar, tapi sarana pengamanan tetap saja langka di sana–juga di pasar yang lain.

    HAJAH Nurcahya, 68 tahun, sejak Kamis pekan lalu harus mengubah kebiasaannya. Lazimnya, tiap pukul 08.30 pagi, Ama–begitulah warga Kebon Pala itu dipanggil, dan begitu pula ia membahasakan dirinya–sudah melangkah dari rumahnya menuju tokonya di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun, sejak si jago merah melahap kiosnya Rabu pekan silam, ia menjadi goyah. (…)
    2. Kontak tembak antara Polda NAD dengan sekelompok teroris yang dilakukan oleh Abu Yusuf, salah seorang teroris yang berperan sebagai pimpinan pelatihan menembak dan membaca peta kelompok teroris itu dikawasan pegunungan Bun, Jalin, Kecamatan Jantho, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). (…)
    3. Akankah Ahok Mengkhianati Mega dan Jokowi?
    Agustus 19, 2016 195 0
    (Panjimas.com) – Megawati telah setuju mengusung Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok pada Pilkada DKI 2017. Begitulah opini yang dicoba dipompakan ke benak publik dalam beberapa hari terakhir. Seperti sebuah koor, media-media mainstream memainkan berita ini sebagai komoditas seksi. (…)
    4. Apakah Ahok mengkhianati PPIB?

    Siklus mengincar jabatan eksekutif yang didahuli posisi di legislatif terulang kembali. Dari sini dia mencoba peruntungan memerebutkan posisi eksekutif. Ahok pun mencalonkan diri sebagai Cagub DKI pada 2012. Karena kelewat pe-de alias percaya diri, dia langsung mencoba ngebut di jalur Indepeden. Hasilnya, gagal mengumpulkan KTP sebagai bukti dukungan!
    5. Artha Soal Pernyataan Adian Napitupulu
    Juli 19, 2016

    Jurnalpolitik.com – Pendamping ahli relawan Teman Ahok I Gusti Putu Artha tidak menampik percakapan dirinya di grup WhatsApp (WA) dengan “Visi Muda Bali” yang menghebohkan di dunia maya adalah memang benar.

    KATEGORI INVESTIGATION NEWS
    1. Ketika Bensin Beraroma Minyak Tanah.
    “Kalau curangnya cuma ngurangin meteran, aku masih bisa terima. Paling-paling rugi berapa sih. Tapi kalau sudah jual bensin campur, iku sing mangkelno, Mas. Nggarakno motor rusak!” (…)
    2. Mengintip Praktek Aborsi di Surabaya.

    Berkali-kali R menarik nafas panjang. Dia nampak gugup saat akan diwawancarai, kamis(17/4). ”Aku sendiri nggak nyangka bisa hamil.” ujarnya membuka cerita. (…)
    3. Terbongkar Tipu-tipu Dimas Kanjeng: Maha Guru, Pabrik Emas, dan Jubah ‘Ajaib’
    Hestiana Dharmastuti – detikNews.
    Satu per satu kebohongan Dimas Kanjeng Taat Pribadi terbongkar. Serangkaian bukti penipuan Dimas Kanjeng diungkap polisi mulai dari maha guru palsu hingga jubah penyimpan uang. (…)
    4. Sidik dan Telisik Fenomena Beras Plastik

    Fenomena riuh rendah beras plastik beberapa waktu silam menunjukkan beberapa hal kepada kita. Peran media vital adanya dalam membuat pusaran berita itu semakin kencang, beras-beras yang diduga dicampur unsur-unsur plastik, serta ditutup oleh beda hasil uji laboratorium antara pemerintah dengan PT Sucofindo membuat publik makin bertanya-tanya: adakah rekayasa dalam fenomena beras ini?
    5. Kamis, Hasil Investigasi Terkait Freddy Budiman Diumumkan
    Selasa, 13 September 2016

    JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pekan ini tim gabungan pencari fakta akan mengumumkan hasil investigasi yang telah dilakukan selama satu bulan terkait Freddy Budiman.

    KATEGORI INTERPRETATIVE NEWS
    1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier

    KEKUATAN media sosial seakan tidak bisa dibendung dan dihindari. Media pertemanan atau jejaring sosial ini terbukti efektif menyebarluaskan informasi, promosi, bahkan untuk pengembangan bisnis. (…)
    2. Perbedaan Waktu Inggris (London) dan Indonesia (Jakarta)

    TRANSFER windows atau bursa transfer Liga Primer Inggris akan ditutup secara resmi Selasa 1 September 2015 Pkl. 06.00 PM BST (Bristish Summer Time) alias jam 6 sore waktu setempat. (…)
    3. Google Akan Berangus Media Online Palsu

    GOOGLE akan memberangus media online palsu, yaitu situs berita abal-abal yang memuat berita atau informasi palsu (hoax).

    Di Indonesia saat ini marak buzzer politik dengan memanfaatkan media sosial dan media online seperti blog. Akun dan blog ini menjadi media propaganda dan tak jarang menyebarkan berita bohong. (Baca: Indonesia Darurat Hoax dan Buzzer).
    4. Beberapa Kasus Pembunuhan yang Dilakukan Tanpa Sebab

    Kasus pembunuhan yang dilakukan tanpa sebab memang menjadi berita yang sangat menggemparkan banyak pihak.
    5. Waspadai Berbagai Penyakit Anak – Diare dan Demam

    Berbagai penyakit anak sepertinya hanya sepele. Namun, bunda semua harus tahu kalau anak sakit harus sangat berhati hati. Waspadai berbagai penyakit anak yang sering dianggap enteng berikut ini. Karena bila tidak ditangani dengan segera maka akibatnya akan fatal bagi buah hati kita. Berikut adalah beberapa penyakit anak yang harus diwaspadai.

    KATEGORI OPINION NEWS:
    1. Fiskal & Moneter Selasa, 8 Desember 2015 – 11:10 WIB
    Kejar Target, Jokowi Sindir Menteri Jangan Sibuk jadi Komentator.

    BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyindir anak buahnya dalam hal ini jajaran menterinya yang tergabung dalam kabinet kerja. Setelah meminta agar para menteri mencari solusi dalam permasalahan yang ada, kali ini Jokowi menyindir para (…)
    2. Amerika Diramal Naikkan Suku Bunga 10 Hari Lagi

    JAKARTA – Kondisi perekonomian dunia tahun depan diproyeksi masih melambat. Begitu juga ekonomi di beberapa negara maju dan berkembang. Walau begitu, ekonomi AS masih menjadi ujung tombak perekonomian negara-negara maju di dunia.
    3. Cerita Sri Mulyani, Amerika Merasa Infrastrukturnya Belum Komplit

    JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bercerita ketika dirinya berada di Amerika Serikat (AS) menjabat sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer World Bank, ingat betul bagaimana pemerintah AS sedemikian seriusnya ingin menggarap pembangunan infrastruktur. Menurutnya, ini dikarenakan banyak infrastruktur yang sudah berusia tua.
    4. Donald Trump ‘Goyang’ Mata Uang China, Meksiko dan Australia

    JAKARTA – Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) ternyata sangat mempengaruhi perekonomian dunia. Buktinya, ada sejumlah mata uang yang bakal bergerak tertekan jika salah satu kandidat Calon Presiden Donald Trump memenangkan pemilihan ini.
    5. Mimpi Indonesia Tumbuh 7% Bisa Saja Terkabul

    JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menyentuh angka 7% pada 2019. Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi ini, pemerintah disarankan melakukan beberapa hal. (…)

    KATEGORI FEATURE NEWS:
    1. Ini Alasan Kenapa Jika Akan Ditato Tidak Boleh Minum Alkohol
    2. Ketika Warna Patung Ikonik di Semarang Diprotes Para Seniman

    SEMARANG – Di Semarang, Jawa Tengah, taman ini dikenal warga setempat sebagai Taman Menteri Supeno. Sebagian warga ada yang mengenalnya sebagai Taman KB (Keluarga Berencana). Taman ini terletak persis di belakang kompleks Gedung Kegubernuran Jawa Tengah. (…)
    3. Dalam Keterbatasan, Takdir Ilahi Mengukir Kalam Tuhan

    BANDAR LAMPUNG – Keterbatasan fisik dimiliki Takdir Ilahi (46) tak membuatnya putus asa. Ia mampu melahirkan karya seni ukir yang memesona meski tangannya tak sempurna. (…)
    4. 6 Kecelakaan yang Menarik Perhatian Publik dalam Dua Pekan Terakhir

    BANDUNG – Sejumlah kecelakaan terjadi di berbagai daerah di Indonesia dalam dua pekan terakhir. Kecelakaan transportasi darat, laut, hingga udara terjadi di luar dugaan dan cukup menyita perhatian publik. (…)
    5. Kisah Bocah Delapan Tahun dan Donat untuk Hidupi Keluarga

    MAKASSAR – Kala mentari masih menyingsing di ufuk timur dan sebagian warga lainnya masih terlelap tidur, Ari (8) sudah nampak menenteng donat dagangannya. Setapak demi setapak lorong ia susuri, berharap kue yang ditentengnya dibeli oleh pemilik rumah. (…)

  2. Nama : Selvi Susela
    NIM : 7020115025

    STRAIGHT NEWS
    1) Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel
    Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

    Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

    Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

    Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)
    2) kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru
    Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

    Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why)

    Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)

    3) Puluhan Hektare Tambak dan Sawah di Lamongan Terendam Banjir
    Puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak dan lahan padi yang terendam ini membuat petani merugi. (What, Where)

    4) Temukan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Pemilihan Ulang
    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu. (What, When, Why)

    Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang. (Where)

    Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara (Why)

    Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)

    5) Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi
    Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

    Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

    Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why)

    Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama. (What, Who)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s