Efek dan Hambatan Komunikasi Massa

mass

SECARA harfiah yang dimaksud dengan efek adalah hasil atau akibat atau produk akhir. Sedangkan yang dimaksud dengan efek komunikasi adalah suatu perubahan yang timbul di pihak komunikan sebagai hasil/akibat berlangsungnya suatu proses komunikasi. Donald K. Robert berpendapat, efek hanyalah perubahan perilaku manusia setelah diterpa pesan media massa.  Karena fokusnya pesan, maka efek tersebut harus berkaitan dengan isi pesan yang disampaikan melalui media massa tersebut.  Sementara Robert G. King mengemukakan, efek komunikasi massa dapat menimbulkan perubahan pada diri komunikan atau khalayak, di antaranya terkait dengan pertambahan informasi; perubahan sikap, dan tingkah laku.

Modul lengkapnya unduh di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s