Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek

banner-12LINGKUNGAN dan personal menjadi faktor awal terbentuknya suatu citra merek, karena keduanya mempengaruhi persepsi seseorang (konsumen). Faktor personal merupakan kesiapan mental konsumen untuk melakukan proses persepsi, pengalaman konsumen sendiri, mood, kebutuhan serta motivasi konsumen. Sedangkan faktor lingkungan dapat mempengaruhi atribut-atribut teknis yang ada pada suatu produk dimana faktor ini dapat dikontrol oleh produsen, Selain itu juga sosial budaya termasuk dalam faktor ini. Runyon (1980:17) menyebutkan citra merek terbentuk dari stimulus tertentu yang ditampilkan oleh produk tersebut yang menimbulkan respon tertentu pada diri konsumen.

Modul lengkapnya unduh di sini

Advertisements

3 thoughts on “Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek

  1. 1.Kondom Sutra
    produk kondom yang sangat tipis,kuat,nyaman digunakan ,dan dengan menggunakan brand image
    artis yang terkenal seperti julia perez dan gaston.Dengan harga yang terjangkau dan pemasarannya ada dimana saja sehingga masyarakat mudah menemukan produk tersebut.

    2.Mie Sedap
    “mie sedap siapa yang suka”
    menampilkan semua kelebihan mie sedap dengan semua varian rasa dari mulai mie yang berkuah dan mie goreng ,dengan segmentasi pasar semua orang dan semua kalangan.Juga sebagai pelopor inovasi rasa yang sangat digemari oleh masyarakat karena masyarakat bisa memilih rasa yang diinginkan sesuai lidahnya dengan harga yang terjangkau dan mudah dibeli dimana saja.

    3.Iklan Aqua
    iklan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui akan pentingnya jika kekurangan cairan mineral akan mengurangi konsentrasi orang yang kekurangan cairan,oleh karena itu dengan adanya aqua dapat menambah konsentrasi dan masyarakat sangat mempercayai produk tersebut karena air yang dikemas berasal dari air pegunungan bukan air selokan,dan di filterisasi oleh alat canggih dan modern.

    4.Iklan Pesona Indonesia
    iklan ini menampilkan tempat -tempat wisata di indonesia,yang layak dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan wisata yang ada di negara lain.Sehingga jika kita berlibur dinegara kita sendiri akan mengirit pengeluaran karena tidak harus berwisata keluar negeri,dan untuk menarik wisatawan dari mancanegara untuk datang ke wisata yang ada di indonesia dengan berbagai budaya,bahasa,dan aneka kuliner yang menarik.

    5.Pasta Gigi Pepsodent
    “sudahkah anda sikat gigi pagi dan malam”dan sebelum membaca kutipan ini.ߘJpasta gigi pepsodent mempunyai banyak kelebihan dan jenis pasta ada yang untuk gigi berlubang ataupun gigi yang sensitif,dan dengan menggunakan produk pasta gigi pepsodent iklan ini mengajak masyarakat untuk unjuk gigi dengan percaya diri.segmentasi pepsodent sangat luas hingga pelosok pun produk ini ada dimana saja demgan harga yang terjangkau dan nama produk yang selalu diingat oleh masyarakat.

    nama: muhamad rizal perdana (7020112006/Ikom-7)

  2. 1. I Phone :Menurut saya pada saat sekarang ini i phone menduduki peringkat pertama setelah Samsung,harganya yang mahal membuat tidak semua kalangan mengenal produk ini ,biasanya i phone di gunakan oleh pekerja kantoran karena fasilitasnya yang lengkap. Tetapi sekarang iphone banyak juga di pakai di kalangan menengah ke bawah karena rasa penasaran masyarakat terhadap brand dan merk tersebut.

    2. yamaha : merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di dengar ,dimana mana kita bisa melihat semua orang baik dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan memengah atas menggunakan produk ini ,semua orang dapat memilikinya hanya dengan membayar DP yang relatif rendah . yamaha juga memiliki moto yang sangat mudah di ingat yaitu :”Yamaha Semakin Didepan”. merk yamaha yang terkenal membedakan dengan produk lainya.

    3. Pepsodent : tidak ada masyarakat yang tidak mengenal lagi produk ini ,mengigat produk ini telah lama beredar dan semua lapisan masyarakat menggunakan produk ini baik dari yang kecil sampai manula sekalipun.bentuk pepsodent yang mudah diingat dan desainya yang simpel tapi sanagt menarik membuat pepsodent tetap menjadi piliahan sampai saat sekarang ini walaupun banyak merk – merk lain .

    4. Mie sedap : siapa sih yang Tidak Mengenal Kepada makanan tambahan yang satu ini ,rasanya yang lezat serta desain nya yang menarik membuat mie sedap menarik perhatian konsumen dan mudah di ingat serta di hafal karena menarik berdasarkan merknya, merk tersebut bisa mengubah fikiran seseorang karena ketika orang melihat mie yang ber merk ‘’ SEDAP’’ tertanam di fikiran Konsumen bahwa mie itu akan enak dan lezat untuk di konusumsi oleh konsumen.

    5. Aqua : merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang selalu menjaga kualitas, baik kemasan maupun isinya yang dilengkapi dengan tanggal kadarluarsa. Event besar olahraga seperti sepak bola juga sudah sering dilaksanakan oleh Aqua tergolong Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang paling gencar melakukan promosi dengan bahasa yang kreatif dan mendidik. Iklan di televisi yang terakhir saya lihat sangat mendidik terutama soal pentingnya kecukupan cairan dalam tubuh kita. Ketika menonton televisi, selain fokus pada acara yang sedang diputar, kebiasaan lain saya adalah memperhatikan iklan-iklan produk. Yang paling menyita perhatian terutama iklan yang bersifat mendidik, informatif dan tentunya kreatif.

    Nama : Zaldi Santelia (Ikom-7)

  3. 1.Indomie
    Indomie adalah merek produk mi instan dari Indonesia. Di Indonesia, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai dibuat pertama kali pada tanggal 9 September 1970 dan dipasarkan ke konsumen sejak tahun 1972, dahulu diproduksi oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasaAyam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain diAmerika Serikat, Australia, berbagai negara Asia dan Afrika serta negara-negara Eropa; hal ini menjadikan Indomie sebagai salah satu produk Indonesia yang mampu menembus pasar internasional. Di Indonesia sendiri, sebutan “Indomie” sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mi instan.
    Harga Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia. Kepraktisan dalam penyajiannya dan mudahnya pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia saat terjadi tragedi bencana alamuntuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan pangan di lokasi dengan segera.
    Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya. Produk mi instan ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Meskipun begitu, konsumsi Indomie yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazineyang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

    2. Teh botol sosro
    Teh Botol Sosro adalah merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT. Sinar Sosro. Teh Botol Sosro sangat populer diIndonesia dan kini juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian majalah SWA, Teh Botol Sosro bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia daripada Coca-Cola.[1] Hasil ini juga masih konsisten dengan penelitian tahun 2011 oleh Youthlab Indonesia, 84% pemuda Indonesia lebih memilih Teh Botol Sosro dibandingkan Coca-Cola. [2]
    Teh Botol Sosro pertama kali dijual pada tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji. Pada tahun 1969, teh ini mulai dijual dalam kemasan botol dan merupakan produk teh pertama yang dijual dalam botol di Indonesia dan di dunia.[3] Bentuk botol yang dikenal saat ini mulai digunakan pada tahun 1974. Sejak tahun 1990-an Teh Botol Sosro juga dikemas dalam kotak 200 ml dan 250 ml.

    3.Tolak Angin
    Indoensia sangat kaya akan tanaman obat. Ribuan tanaman obat tumbuh subur di tanah khatulistiwa. Kekayaan tanaman obat ini menjadikan tradisi minum jamu mengakar kuat bagi orang Indonesia, Salah satu ritual yang masih disukai oleh masyarakat Indoensia adalah minum jamu seduhan.
    Kalau dulu minum jamu seduhan hanya dilakukan di warung tenda atau kios jamu, sekarang tempatnya pun berubah menjadi temapat-tempat yang lebih nyaman. Meskipun kios jamu juga tetap berkembang.
    Salah satu produk andalan Sidomuncul untuk jamu seduhan adalah Jamu Komplit Sidomuncul . Jamu komplit merupakan rangkaian jamu dalam satu kemasan yang praktis, ekonomis, mudah disajikan, dan nikmat. Dalam satu kemasan (bungkus) Jamu Komplit Sido Muncul berisi Jamu serbuk, Beras Kencur, Madu Kembang, dan Pil Ginseng.
    Jamu Komplit Tolak Angin Berkhasiat dan bermanfaat untuk mengatasi masuk angin dan gejala-gejalanya seperti demam, pusing, tenggorokan kering, perut mual, kembung, sakit perut, badan terasa dingin dan mata berair. Jamu Komplit Tolak Angin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh biar tidak mudah sakit.

    3. Rinso
    Rinso merupakan merek deterjen pertama yang ada di Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya ini adalah merek yang paling lazim digunakan di Amerika Serikat, Inggris dan Australia sejak tahun 1918. Pada tahun 1970 setelah menyadari potensi pasar yang besar di Indonesia, perusahaan Unilever memposisikan Indonesia sebagai pangkalan Rinso. Hal ini terbukti merupakan langkah yang cerdas karena produk Rinso memang merupakan pemimpin di pasar deterjen Indonesia. Selain itu, PT. Unilever merupakan perusahan terbuka. Produk Rinso di produksi di pabrik PT. Unilever Indonesia Tbk, Cikarang, Bekasi.

    4. Simpati (Telkomsel)
    Telkomsel mengklaim hingga saat ini punya 143 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 140 juta pelanggan menggunakan kartu SIM prabayar. Telkomsel menyediakan tiga layanan prabayar, yaitu Simpati, Kartu As, dan Loop. Seluruh layanyan itu menghasilkan rata-rata pendapatan per pelanggan (average revenue per user/ARPU) Rp 40.000. Sementara layanan pascabayar, hanya tersedia KartuHalo, dan jumlahnya sangat kecil dibandingkan pelanggan prabayar. Akan tetapi, Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, ARPU pelanggan prabayar jauh lebih tinggi dan lebih loyal. Dan simpati menduduki posisi paling terbanyak penggunanya.

    Nama: Fiswa Lintang A (7020113007/Ikom-7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s