Citra Merek

banner-18SEBAGAI salah satu tahap dalam hirarki komunikasi merek (hierarchy of branding), citra merek atau lebih dikenal dengan sebutan brand image memegang peranan penting dalam “eksistensi” sebuah merek di kancah persaingan dunia usaha, mengingat citra merek ini menyangkut reputasi dan kredibilitas dari merek itu sendiri yang tentunya pada akhirnya akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk yang berlabel merek tersebut. Menurut Setiadi (2003:180) citra merek merupakan “Representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengetahuan terhadap merek itu”. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Konsumen yang memiliki citra yang positif terhadap suatu merek akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian.

Modul lengkapnya unduh di sini

Advertisements

5 thoughts on “Citra Merek

  1. 1. Clear
    Produk Shampo pembersih rambut ini kuat dalam merek produknya karena menurut saya secara pribadi dengan nama merek clear produsen shampo mendedikasikan produknya. diliat dari segi nama produk clear mempunyai arti bersih oleh sebab itu clear merupakan salah satu produk yang kuat dari segi nama merek karena bisa mengubah persepsi konsumen bahwa shampo tersebut adalah shampo yang baik untuk membersihkan rambut dan ketombe.
    2. Indomie
    Produk Mie instan ini merupakan salah satu produk yang mudah diingat di pasaran karena menurut pemahaman saya produsen mempunyai ide dan gagasan bahwa indomie merupakan salah satu produk mie dengan cita rasa orang indonesia sehingga nama indomie ini mudah diingat karena bernuansa negara indonesia. class pasar pun membuktikan bahwa indomie adalah produk pemimpin pasar untuk berbagai mie.
    3. Djarum
    Salah satu produsen rokok terkemuka di indonesia ini merupakan salah satu produsen yang selalu berloyalitas terhadap brand dan image perusahaan terbukti dari setiap produk djarum selalu diawali dengan brand perusahaan maupun dengan logo perusahaan sebagai bentuk loyalitas. Nama-nama produk djarum adalah djarum coklat, djarum mld, djarum super, djarum coklat filter dan lain sebagainya.
    4. Lifebouy
    Lifebouy merupakan salah satu produk yang selalu diminati oleh berbagai kalangan konsumen karena harga yang ekonomis mudah terjangkau oleh konsumen dan target market dari produk lifebouy adalah berbagai kalangan dan berbagai jenis usia terbukti dari packaging produk ini adalah foto keluarga yang berbeda usia dan berbeda jenis kelamin.
    5. Zippo
    Zippo merupakan merek korek api gas yang tahan angin asal amerika yang mulai dijual di pasaran sejak tahun 1930. merek zippo ini merupakan salah satu produk dengan nama yang mudah di ingat di pasaran karena apabila kita berbicara zippo maka persepsi konsumen sudah pasti adalah korek api yang tahan angin dengan kualitas yang baik. faktor lain penyebab nama produk ini menjadi mudah di ingat karena produk ini sudah ada sejak tahun 1930.

    Nama : Alwy Elandar Zikri (7020113001/IKOM VII)

  2. Tugas 1 :
    Sebutkan 5 nama merk atau brand yang mudah diingat, memiliki kekuatan dan loyalitas konsumennya!
    Pembahasan :

    1. AQUA (Air Mineral)
    Alasannya : Aqua adalah sebuah merk/brand jenis minuman air mineral kemasan dan menjadi pelopor air mineral di pasaran. Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
    Dalam pemasarannya, grup distribusi Aqua memiliki jaringan distribusi air mineral yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepulauan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Selain itu merk Aqua lebih diingat oleh khalayak bahkan sering menyebut Aqua pada sebuah brand air mineral padahal air mineral itu bukan berlabel aqua.

    2. SASA (Penyedap Rasa Masakan)
    Alasannya : Sasa adalah salah satu merk/brand penyedap rasa untuk membuat masakan agar menghasilkan citarasa yang gurih dan lebih nikmat. Di Indonesia sudah beredar bermacam-macam merek “penyedap masakan”. Ada Ajinomoto, buatan Jepang. Miwon dari Korea, Vetsin keluaran Taiwan, Sasa yang datangnya dari Hongkong dan beberapa merek lagi yang kesemuanya ada 9 merek. Tapi di masyarakat kita sering disebut Vetsin saja.
    Kesemuanya mempunyai komposisi yang sama yaitu : Mono Sodium Glutamat (MSG) yang rumus kimianya HCOCCH (NH2) 2 COO-NA hasil campuran asam glutamat dan natrium Hidruksid (yang saterusnya penyedap makanan itu istilahnya disebut MSG).
    Bahan yang paling penting untuk membuat MSG yaitu asam glutamat yang berupa asam amino yang ada pada tumbuhan, hewan, minyak bumi dan pada tubuh manusia.
    Di sini pabrik MSG membuat asam glutamat itu dari Melase (gula tetes), sisa gula tebu yang sudah tidak bisa menjadi kristal. Di negara yang tidak mempunyai tebu, asam glutamat itu dibuatnya dari ganggang, gulabit, gandum, kedelai, tapioka, minyak bumi atau sengaja membuatnya secara sintetis.Pembuatannya itu memerlukan teknologi tinggi serta modal yang tidak sedikit.

    3. HANSAPLAST (Plester Mengobati Luka)
    Alasannya : Hansaplast adalah salah satu merk/brand plester kesehatan untuk mengobati luka pada kulit. Merek Hansaplast digunakan untuk pemasaran di Eropa dan Asia, sementara merek Elastoplast digunakan di Australia, Kanada, Hong Kong, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Britania Raya. Merek Curitas digunakan di Amerika Selatan. Pada awalnya Hansaplast bernama Handyplast.
    Pada tahun 2002, pangsa pasar produk Hansaplast di Indonesia mencapai 90% dengan penjualan di atas satu triliun rupiah.
    Plester Elastoplast pertama kali diciptakan pada tahun 1896 oleh Smith & Nephew ketika perusahaan yang didirikan pada tahun 1856 melakukan ekspansi ke bisnis penutup luka. Hansaplast memiliki banyak variasi seperti untuk anak anak, dewasa bahkan sekarang ada varian untuk menurunkan demam.

    4. BAYGON (Cairan Pembasmi Serangga)
    Alasannya : Baygon adalah merk/brand cairan pestisida produksi S. C. Johnson & Son. Kegunaannya adalah sebagai pembasmi dan pengendali handalan rumah tangga, seperti nyamuk, kecoa, lipan, dan semut. Merek ini sangat populer di Indonesia sehingga sudah menjadi nama generik bagi produk sejenis.
    Baygon pertama kali diproduksi oleh Bayer, sebuah perusahaan kimia asal Jerman, pada tahun 1950. Pada tahun 2003, merek Baygon dibeli oleh S. C. Johnson & Son. Walaupun demikian, sebagai bagian dari persetujuan, Bayer masih memasok bahan aktif yang terkandungnya dalam Baygon. Indonesia sebagai negara tropis tidak bisa dihindari dengan adanya nyamuk dan jenis serangga lainnya. Baygon menjadi pilihan yang tepat untuk membasmi serangga yang mengganggu tersebut dan dianjurkan untuk disimpan dari jangkauan anak-anak

    5. PEPSODENT (Pasta dan Sikat Gigi)
    Alasannya : Pepsodent adalah salah satu merk/brand pasta dan sikat gigi dari Unilever. Pepsodent adalah pasta gigi yang tertua di Indonesia. Pepsodent pertama kali diluncurkan di Inggris pada dekade 1920-an dan menyebar ke negeri-negeri jajahannya termasuk Hindia Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia), dan Temasek (Singapura). Pepsodent adalah salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan, ketika Unilever memasuki pasaran Indonesia di era penjajahan, sekitar dasawarsa 1930-an. Slogannya adalah Senyum Mengubah Segalanya. Pepsodent brand pasta gigi yang sangat memiliki kekuatan kuat dan paling banyak diingat oleh masyarakat juga mudah ditemukan serta harga yang relatif terjangkau.
    Pepsodent terus berinovasi mengeluarkan varian untuk menjaga kesehatan gigi diantaranya Pepsodent White Pencegah Gigi Berlubang, Pepsodent Fresh Cool Mint. Pepsodent Whitening, Pepsodent Herbal, Pepsodent Complete + Gum Care, Pepsodent Gigi Susu Strawberry, Pepsodent Gigi Susu Orange, Pepsodent Complete 8, Pepsodent Center Fresh, Pepsodent Anak Dora dan Diego, Pagi dan Malam, Pepsodent Mouth Wash, Pepsodent Action 123, Pepsodent White Now, Pepsodent Sensitive Expert, Pepsodent Expert Protection, Pepsodent Tooth Brush: Smart Clean, Family, Fighter, Easy Clean, Extra, Double Care, Torsion, Whitening.

    Nama : Heru Gustian
    NPM : 7020113008
    Jurusan : Ilmu Komunikasi Sm. 7
    STISIP WIDYAPURI MANDIRI SUKABUMI

  3. 1. I Phone :Menurut saya pada saat sekarang ini i phone menduduki peringkat pertama setelah Samsung,harganya yang mahal membuat tidak semua kalangan mengenal produk ini ,biasanya i phone di gunakan oleh pekerja kantoran karena fasilitasnya yang lengkap. Tetapi sekarang iphone banyak juga di pakai di kalangan menengah ke bawah karena rasa penasaran masyarakat terhadap brand dan merk tersebut.
    2. yamaha : merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di dengar ,dimana mana kita bisa melihat semua orang baik dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan memengah atas menggunakan produk ini ,semua orang dapat memilikinya hanya dengan membayar DP yang relatif rendah . yamaha juga memiliki moto yang sangat mudah di ingat yaitu :”Yamaha Semakin Didepan”. merk yamaha yang terkenal membedakan dengan produk lainya.
    3. Pepsodent : tidak ada masyarakat yang tidak mengenal lagi produk ini ,mengigat produk ini telah lama beredar dan semua lapisan masyarakat menggunakan produk ini baik dari yang kecil sampai manula sekalipun.bentuk pepsodent yang mudah diingat dan desainya yang simpel tapi sanagt menarik membuat pepsodent tetap menjadi piliahan sampai saat sekarang ini walaupun banyak merk – merk lain .
    4. Mie sedap : siapa sih yang Tidak Mengenal Kepada makanan tambahan yang satu ini ,rasanya yang lezat serta desain nya yang menarik membuat mie sedap menarik perhatian konsumen dan mudah di ingat serta di hafal karena menarik berdasarkan merknya, merk tersebut bisa mengubah fikiran seseorang karena ketika orang melihat mie yang ber merk ‘’ SEDAP’’ tertanam di fikiran Konsumen bahwa mie itu akan enak dan lezat untuk di konusumsi oleh konsumen.
    5. Aqua : merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang selalu menjaga kualitas, baik kemasan maupun isinya yang dilengkapi dengan tanggal kadarluarsa. Event besar olahraga seperti sepak bola juga sudah sering dilaksanakan oleh Aqua tergolong Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang paling gencar melakukan promosi dengan bahasa yang kreatif dan mendidik. Iklan di televisi yang terakhir saya lihat sangat mendidik terutama soal pentingnya kecukupan cairan dalam tubuh kita. Ketika menonton televisi, selain fokus pada acara yang sedang diputar, kebiasaan lain saya adalah memperhatikan iklan-iklan produk. Yang paling menyita perhatian terutama iklan yang bersifat mendidik, informatif dan tentunya kreatif.

  4. 1. Yamaha (alat musik)
    Konsumen alat musik di Indonesia ketika mencari alat musik yang pertama kali mereka cari selalu brand Yamaha. Untuk disektor alat musik Yamaha adalah brand unggulan tidak hanya di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Setiap musisi baik itu musisi pemula maupun musisi yang pro selalu memilih produk Yamaha sebagai pilihan mereka. Bisa kita perhatikan disetiap konser orkestra atau konser piano alat musik dan piano yang digunakan kebanyakan produk dari Yamaha. Diluar kalangan musisi pun apabila kita mengingat alat musik yang pertama kali muncul dipikiran kita adalah Yamaha.
    2. Minyak Kayu Putih (Cap Lang)
    Pada produk ini sebenarnya brandnya sendiri yaitu Cap Lang tidak begitu dikenal dibandingkan dengan produknya. Konsumen lebih mengenal Minyak Kayu Putih dibandingkan dengan Cap Lang. Ketika kita mencari minyak kayu putih kita selalu mencari Cap Lang meskipun banyak yang tidak mengetahui brand Cap Lang sendiri akan tetapi fokus utama setiap konsumen ketika membeli minyak kayu putih adalah Cap Lang dengan hanya melihat botolnya saja tanpa memperhatikan brandnya meskipun banyak brand – brand lain yang beredar diluar sana.
    3. Wardah
    Diawal kemunculannya wardah mampu menarik perhatian para konsumen (wanita) dengan image “Kosmetik Halal”. Bukan hanya sekedar image yang mereka bagun yang bisa menarik perhatian konsumen akan tetapi brandnya sendiripun sangat mudah diingat dan diucapkan bagi masyarakat indonesia. Ketika kita melihat wanita muslimah dipikiran kita langsung terlintas make up yang mereka pakai adalah wardah.
    4. Indomie
    Indomie saat ini merajai pasar mie instan di Indonesia. Banyak brand mie instan di indonesia akan tetapi ketika kita ingin membeli mie instan atau makan mie instan yang terlintas dipikiran kita adalah Indomie meskipun pada kenyataannya bukan Indomie yang kita dapatkan bisa jadi mie instan dari brand lain yang kita dapatkan. Nama Indomie sendiri sangat mewakili indonesia yaitu “Indomie” Indonesia Mie sehingga brand tersebut sangat dengan mudah untuk diingat dan diucapkan.
    5. Tolak Angin
    Tolak angin adalah brand yang sangat mudah diingat. Dari pemilihan nama Tolak Angin sendiri sudah sangat mewakili kegunaan dan keunggulan produk tersebut. Tolak Angin adalah brand yang sederhana akan tetapi sangat melekat dibenak masyarakat indonesia ketika mereka mengalami masuk angin.

    Nama : Dewi Afianti Satiana (7020113005/Ikom-7)

  5. 1. Teh Gelas
    Teh Gelas terbuat dari daun teh berkualitas dan diproses secara alami tanpa tambahan bahan pengawet dan pemanis buatan. Pilihan yang sangat cocok mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga Teh Gelas tidak memberi dampak buruk bagi tubuh jika dikomsumsi. Apalagi adanya kandungan Folifenol dari daun teh yang sangat baik sebagai antioksidan dalam tubuh kita.
    2. Clear
    Produk Shampo pembersih rambut ini kuat dan membuat keharuman terhadap rambut dalam merek produknya karena menurut saya dengan nama merek clear produsen shampo mendedikasikan produknya. diliat dari segi nama produk clear mempunyai arti bersih oleh sebab itu clear merupakan salah satu produk yang kuat dari segi nama merek dan wangi sampo karena bisa mengubah persepsi konsumen bahwa shampo tersebut adalah shampo yang baik untuk membersihkan rambut dan ketombe serta mempunyai keharuman yang khas pada rambut nya.
    3. Rinso
    Rinso sebagai merek pertama dan pemain utama dalam pasar deterjen di Indonesia, selalu terdepan dalam melakukan inovasi. Rinso memberikan beragam pilihan rangkaian produk yang lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan Ibu di Indonesia. Berbagai macam pilihan dari deterjen bubuk, deterjen dengan pelembut pakaian, hingga deterjen cair tersedia untuk memudahkan dan memastikan kegiatan mencuci Anda menghasilkan pakaian yang bersih, lembut dan wangi.
    4. Mentega
    Mentega dibuat dari lemak hewan dan memiliki kandungan kolesterol diet maupun lemak jenuh yang tinggi. Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, memiliki aroma susu yang enak, dan mudah meleleh di suhu hangat.
    5. Indomie
    Produk Mie instan ini merupakan salah satu produk yang mudah diingat di pasaran karena menurut pemahaman saya produsen mempunyai ide dan gagasan bahwa indomie merupakan salah satu produk mie dengan cita rasa orang indonesia sehingga nama indomie ini mudah diingat karena bernuansa negara indonesia. class pasar pun membuktikan bahwa indomie adalah produk pemimpin pasar untuk berbagai mie.

    Nama : Ambia Elnandar Fikri
    NIM : 7020113002
    Jurusan : Ilmu Komunikasi
    STISIP WIDYAPURI MANDIRI SUKABUMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s